Senin, 23 September 2024

Puisi lama punya Safendra

 Puisi lama 

Puisi lama adalah Puisi rakyat adalah sastra lisan berupa puisi terikat yang berkembang pada masa masyarakat tradisional.

Puisi jenis ini diatur oleh ketentuan-ketentuan tertentu, seperti jumlah suku kata, jumlah baris, jumlah bait, dan rima.

Umumnya bersifat anonim (nama pengarangnya tidak diketahui), diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut, dan disebarkan dalam bentuk yang tetap dan tidak berubah. 

Puisi rakyat terikat aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait, dan juga pengulangan kata yang bisa


Struktur fisik


Struktur fisik terdiri dari

1. Diksi

Diksi adalah pilihan kata yang digunakan untuk mengungkapkan suatu gagasan sehingga mendapatkan efek tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulis. Dalam diksi, ada beberapa jenis. Yang pertama adalah diksi berdasarkan makna. Ada makna denotatif dan

Makna konotatif, Makna Denotatif adalah makna yang sebenarnya. Kemudian makna konotatif Makna Konotatif adalah makna yang bukan sebenarnya. kemudian ada makna berdasarkan leksikal yaitu sinonim dan antonim. Sinonim adalah dua kata atau lebih yang bermakna sama. Antonim adalah dua kata atau lebih yang bermakna berbeda.


2 Bahasa kiasan Digunakan untuk menggambarkan sesuatu, mulai dari sifat seseorang atau suatu benda hingga bentuk fisik. Merupakan penggunaan kata-kata dengan cara yang menyimpang makna untuk menjelaskan atau menyampaikan makna yang rumit sehingga mudah untuk dibayangkan. Merujuk pada makna tertentu tanpa harus menyatakannya secara langsung

Majas personifikasi membandingkan benda mati yang bersikap selayaknya manusia.

Majas Metafora: menyamakan dua hal yang tidak sama secara harfiah atau literal untuk menambah daya tarik atau memberikan makna yang lebih dalam sehingga teks menjadi lebih indah, memukau, dan menyentuh perasaan pembacanya. Majas aliterasi digunakan untuk meningkatkan ritme dengan melakukan pengulangan kata atau kalimat yang sama atau serupa dengan kata atau kalimat yang berdekatan.

3 Imaji Imaji atau Citraan Bayangan, khayalan, pikiran, atau gambaran untuk menggugah perasaan, merangsang imajinasi, dan menggugah pikiran di balik sentuhan Indera.


4BunyiKeselarasan bunyi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata

5Rima dan Ritme

Persamaan bunyi dalam dalam baris-baris puisi lama

Keselarasan bunyi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata

Pantun Pergi ke warung beli santan  citraan pergerakan

            Membuat bahan seperti besi citraan pergerakan

             Janganlah kamu membakar hutan citraan pergerakan

            Kalau tidak mau terkena polusi

Gurindam Tumbuhan semakin banyak kita menanam tumbuhan

                  Bertahan maka ekosistem kita tetap bertahan 

Syair jaga ada hal penting yang harus kita jaga 

          berharga ekosistem yang sangat berharga 

           bangga itu membuat kita bangga 

           surga semoga kelak kita masuk surga  

Macam citraan perasaan

             citraan penglihatan 

              citraan penciuman

              citraan perabaan

                citraan pengecapan

                citraan gerak

                 citraan pendengaran

Struktur batin

Puisi dapat dipahami dengan baik jika didukung oleh tema, rasa, nada dan amanat. Adanya keempat struktur ini menguatkan puisi lama.

Kesimpulan

jika tidak ada struktur fiksi maka pantun yang kita buat akan menjadi tidak menyambung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya Safendra Baru

 Puisi lama  Puisi lama adalah  Puisi rakyat adalah sastra lisan berupa puisi terikat yang berkembang pada masa masyarakat tradisional. Puis...