Senin, 23 September 2024

Punya Safendra Baru

 Puisi lama 

Puisi lama adalah Puisi rakyat adalah sastra lisan berupa puisi terikat yang berkembang pada masa masyarakat tradisional. Puisi jenis ini diatur oleh ketentuan-ketentuan tertentu, seperti jumlah suku kata, jumlah baris, jumlah bait, dan rima. Umumnya bersifat anonim (nama pengarangnya tidak diketahui), diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut, dan disebarkan dalam bentuk yang tetap dan tidak berubah. Puisi rakyat terikat aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait, dan juga pengulangan kata yang bisa


Struktur Fisik

Berikut adalah elemen dari struktur fisik.

1. Diksi

Diksi adalah pilihan kata yang digunakan untuk mengungkapkan suatu gagasan sehingga mendapatkan efek tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulis. Dalam diksi, ada beberapa jenis. Yang pertama adalah diksi berdasarkan makna. Ada makna denotatif dan makna konotatif. Makna denotatif adalah makna yang sebenarnya. Kemudian makna konotatif makna konotatif adalah makna yang bukan sebenarnya. kemudian ada makna berdasarkan leksikal yaitu sinonim dan antonim. Sinonim adalah dua kata atau lebih yang bermakna sama. Antonim adalah dua kata atau lebih yang bermakna berbeda.


2. Bahasa Kiasan.

Bahasa kiasan digunakan untuk menggambarkan sesuatu, mulai dari sifat seseorang atau suatu benda hingga bentuk fisik. Merupakan penggunaan kata-kata dengan cara yang menyimpang makna untuk menjelaskan atau menyampaikan makna yang rumit sehingga mudah untuk dibayangkan. Merujuk pada makna tertentu tanpa harus menyatakannya secara langsung. Ada beberapa jenis majas. Majas personifikasi membandingkan benda mati yang bersikap selayaknya manusia. Majas Metafora menyamakan dua hal yang tidak sama secara harfiah atau litera untuk menambah daya tarik atau memberikan makna yang lebih dalam sehingga teks menjadi lebih indah, memukau, dan menyentuh perasaan pembacanya. Majas aliterasi digunakan untuk meningkatkan ritme dengan melakukan pengulangan kata atau kalimat yang sama atau serupa dengan kata atau kalimat yang berdekatan.


3. Imaji Imaji atau Citraan

Merupakan bayangan, khayalan, pikiran, atau gambaran untuk menggugah perasaan, merangsang imajinasi, dan menggugah pikiran di balik sentuhan Indera. Ada beberapa jenis citraan, yaitu citraan perasaan, citraan penglihatan, citraan penciuman, citraan perabaan, citraan pengecapan, citraan gerak, dan citraan pendengaran.


4. Bunyi

Bunyi pada puisi lama berupa keselarasan bunyi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata. Contohnya adalah Rima dan Ritme. Rima adalah persamaan bunyi dalam dalam baris-baris puisi lama. Ritme adalah keselarasan bunyi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata.

Berikut adalah analisis struktur fisik dalam sebuah syair.

            Pantun Pergi ke warung beli santan  citraan pergerakan

            Membuat bahan seperti besi citraan pergerakan

             Janganlah kamu membakar hutan citraan pergerakan

            Kalau tidak mau terkena polusi

            (Buat 8 baris syair. Syair di atas masih hanya 4 baris)


Struktur Batin

Puisi dapat dipahami dengan baik jika didukung oleh tema, rasa, nada dan amanat. Adanya keempat struktur ini menguatkan puisi lama.

Tema adalah (jelaskan definisinya).

Rasa adalah (jelaskan definisinya).

Nada (jelaskan definisinya)

Amanat (jelaskan definisinya).


Berikut adalah analisis struktur batin dari sebuah pantun.

(Masukkan pantun tentang ekosistem).


Tema pada pantun di atas adalah (jelaskan). Rasa pada pantun adalah (jelaskan). Nada pada pantun ini adalah (jelaskan). Amanat (jelaskan).


Kesimpulan

Berdasarkan informasi di atas, ada interdependensi antara struktur fisik dan struktur batin terhadap puisi lama. Jika tidak ada struktur fiksi maka pantun yang kita buat akan menjadi tidak menyambung. Jika tidak ada struktur batin, maka (jelaskan).


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya Safendra Baru

 Puisi lama  Puisi lama adalah  Puisi rakyat adalah sastra lisan berupa puisi terikat yang berkembang pada masa masyarakat tradisional. Puis...